Selasa, 31 Januari 2012

Aktivitas Kuliah Kerja Perencanaan Hongkong-Shenzen 2010

#diary1
Hari Senin, 2 Agustus 2010
Aktivitas: survey downtown, daerah sekitar Shanshui Trends Hotel, Shenzen
        Yang menarik dari amatan survey daerah sekitar ini adalah bangunan mixed use serta vertical living, yang mendominasi seluruh wilayah.  Seluruh bangunan merupakan bangunan bertingkat lebih dari tiga lantai yang digunakan tidak hanya untuk satu fungsi saja. Dalam satu bangunan misalnya, lantai paling bawah digunakan untuk fungsi perdagangan, kemudian lantai kedua untuk kantor, lantai ketiga dan seterusnya biasanya digunakan untuk perumahan.
        Selama survey, kami menemukan bahwa peraturan yang diterapkan di Shenzen cukup ketat, terutama dalam mengambil gambar (foto). Saat kami ingin memotret apartemen di belakang hotel, kami sempat diusir oleh satpam penjaga apartemen bahkan setelah kami menjelaskan gambar tersebut dibutuhkan untuk survey kuliah kami, satpam tersebut pada akhirnya tetap tidak memperbolehkan kami mengambil gambar.

#diary2
Aktivitas: survey daerah Lou Hu Mall, Shenzen
Suasana Lou Hu Mall, Shenzen
Hal paling menonjol yang kami amati adalah: betapa baik kualitas dan kuantitas ruang publik yang ada di sana. Baik kuantitasnya karena dari segi jumlah dan luasannya begitu banyak dan besar. Tiap jalan disediakan ruang khusus bagi pejalan kaki dan sepeda. Baik kualitasnya karena ruang publik tersebut sangat terawat seperti Lou Hu Mall ini, yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan sibuk yang sudah terintegrasi baik dengan jaringan transportasi (MTR).
        Pada basement terdapat stasiun MTR, kemudian diatasnya digunakan untuk bangunan mall serta area ruang publik yang luas, yang menarik, lantai paling atas digunakan sebagai tempat parkir dan masih terdapat beberapa pertokoan. Disini kami kesusahan untuk mendapatkan data dari wawancara langsung karena kendala bahasa. Walaupun banyak terdapat polisi patroli yang lalu lalang di daerah sekitar, namun karena kebanyakan penduduk Shenzen kurang menguasai Bahasa Inggris, jadi proses wawancara sulit digunakan.

#diary3
Hari Selasa, 3 Agustus 2010
Aktivitas: pengalaman menaiki cable car di Ngong Ping serta tram di The Peak, Hongkong
Cable Car di Hong Kong
        Cable car merupakan salah satu sarana transportasi wisata di Hongkong sekaligus salah satu sarana untuk menikmati landscape Hongkong dari udara. Cable car ini terbentang dari Tung Chung hingga Ngong Ping, dengan tujuan akhir menikmati patung buddha terbesar dan pertunjukan teater.
       Menikmati Hongkong dari udara menggunakan cable car ini seolah-olah sudah dapat menikmati seluruh daerah Hongkong, karena panjangnya jalur cable car ini hingga melewati antar pulau. Penggunaan lahan di Hongkong dari udara sangat terlihat jelas bahwa lahan terbangunnya didominasi di area pinggir pantai yang landai, serta terlihat area reklamasi pantai yang digunakan sebagai bandara internasional Hongkong. Masih banyak area tidak terbangun yang dibiarkan karena topografinya yang curam dan sulit dimanfaatkan. Namun, ada cara kreatif Hongkong untuk memanfaatkan bukit curam tersebut, salah satunya adalah dengan membangun patung buddha terbesar di salah satu puncak bukit di Ngong Ping dan menjadikannya sebagai tempat wisata tujuan akhir dari cable car ini.
      Cara lain menikmati puncak bukit di Hongkong adalah dengan menaiki tram yang terdapat di The Peak. The Peak adalah salah satu tempat wisata terkenal di Hongkong dimana dari puncak bukitnya, kita dapat melihat kota Hongkong dari atas yang begitu indah dan tertata. Menaiki tram menjadi sebuah pengalaman menarik selama perjalanannya karena jalan yang ditempuh bukanlah jalan yang biasa-biasa saja, namun jalan menanjak yang curam, dengan kecepatan tinggi, seakan-akan menaiki ‘roller coaster’.


#diary4
Hari Rabu, 4 Agustus 2010
Aktivitas: kunjungan di University of Hongkong dan Hongkong Planning and Infrastructure Gallery
Kuliah Umum di HK University
      Kunjungan di University of Hongkong sangat menarik karena kami diperkenalkan mengenai beberapa program master yang berhubungan dengan program studi kami, yaitu Housing Management, Urban Planning, dan Urban Design.  Selain itu kami juga mendapatkan kuliah yang menarik dan sarat ilmu dari Mr. Anthony Yeh mengenai penggunaan lahan di Hongkong, keunikan dan juga integrasinya dengan transportasi.
Kunjungan di Hongkong Planning and Infrastructure Gallery menjadi pengalaman tak terlupakan bagi kami. Karena begitu banyak cara kreatif yang mengagumkan untuk menginformasikan rencana tata ruang Hongkong kepada masyarakatnya. Seluruh tata ruang Hongkong disajikan dalam beberapa  display menarik yang ‘eye catching’ dan simpel, menjadikan rencana tata ruang mudah dipahami masyarakat dan menarik partisipasi langsung masyarakat.
Salah Satu Display Menarik di HKIPC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar